Syafruddin Tingkatkan Integritas Kebangsaan Masyarakat Melalui Soswasbang

Pemaparan Materi Wawasan kebangsaan Oleh anggota DPRD Kaltim, Syafruddin, S.Pd

KALTIM REPORT.COM-BALIKPAPAN, Untuk meningkatkan integritas masyarakat tentang nilai-nilai keindonesiaan, Anggota DPRD provinsi Kalimantan Timur Daerah Pemilihan (Dapil II, Kota Balikpapan) Syafruddin, S.Pd kembali melaksankan sosialisasi wawasan kebangsaan.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan dilaksanakan di Jalan. Marsma R. Iswahyudi Rt 12. Kel Sepinggan Raya. Kecamatan Balikpapan selatan Kota Balikpapan. Sabtu (16/11/2023).

Dalam pelaksanaan acara tersebut menghadirkan dua orang sebagai Narasumber yaitu Amiruddin dan Dessi Purwita Sari serta Muhammad Hamid selaku moderator.

Mengawali Materinya, Syafruddin memaparkan. Bahwa, empat pilar kebangsaan adalah rujukan, pandangan dan tujuan hidup kita berbangsa dan bernegara, yang dimana ada Pancasila sebagai landasan hidup, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar hukum negara, NKRI sebagai karakter bangsa dan bhinneka tunggal Ika sebagai pemersatu.

Wawasan kebangsaan akan membantu masyarakat mengetahui tentang sejarah dan budaya negara mereka, menghargai perbedaan, serta mengembangkan sikap nasionalisme.

“Selain sebagai landasan bernegara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, empat pilar kebangsaan juga menjadi sumber dari segala sumber hukum. Dengan memegang teguh nilai-nilai kebangsaan ini, Indonesia dapat terus maju dan berkembang sebagai negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat,” ucap Syafruddin.


Masih dalam paparannya, Politisi PKB tersebut menguaraikan. Kami melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan menyasar pada penyelenggara negara dan kelompok masyarakat di seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Kami sosialisasi dilaksanakan dengan berbagai metode dan melalui praktik di lingkungan instansi-instansi di setiap tingkatan pemerintahan, perusahaan negara dan swasta, organisasi kemasyarakatan, partai politik dan kelompok masyarakat lainnya.

“Pelaksanaan kegiatan seperti ini, tidak ada batasan lokasi ataupun tempat, selama itu masih dalam lingkungan dan wilayah Kalimantan Timur. Seperti halnya semboyan negara, Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda tapi tetap satu jua,” tutup Syafruddin.

Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dilaksanakan mulai pukul 15.30 sampai selesai dan dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan RT, perwakilan LPM serta unsur kepemudaan.(FD/ADMIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *