Syafruddin Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Lamaru

Syafruddin, S.Pd Menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kelurahan Lamaru.

KALTIM REPORT.COM-BALIKPAPAN, Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat, Anggota DPRD provinsi Kalimantan Timur Daerah Pemilihan (Dapil II, Kota Balikpapan) Syafruddin, S.Pd kembali melaksankan sosialisasi wawasan kebangsaan.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan dilaksanakan di jalan. Sosial dalam RT. 19 Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Pada acara tersebut hadir beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua Lembaga Pemberdayaan masyarakat (LPM) perwakilan RT dan perwakilan tokoh pemuda.

Mengawali Penyampaianya Syafruddin mengatakan, sosialisasi wawasan kebangsaan merupakan tugas kedewanan yang harus dilaksanakan dan di sampaikan kepada masyarakat.

Wawasan kebangsaan atau empat pilar kebangsaan merupakan pandangan hidup kita berbangsa dan bernegara, yang dimana pilar-pilar tersebut mempunyai nilai luhur yang harus kita patuhi, kita jaga dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, memiliki fungsi sangat fundamental. Pancasila disebut sebagai sumber dari segala sumber hukum.

“Sifatnya yuridis formal maka mengharuskan seluruh peraturan perundang-undangan berlandaskan pada Pancasila,” kata Syafruddin.

Begitupun UUD 1945 mengatur ketatanegaraan Indonesia khususnya tentang bentuk negara dan sistem pemerintahan, nilainya sangat tinggi bagi bangsa dan negara Indonesia sebab dalam Pembukaan UUD 1945 terdapat rumusan dasar negara yaitu Pancasila.

“Dalam pembangunan karakter bangsa dibutuhkan komitmen terhadap NKRI, karakter yang harus dibangun pada manusia dan bangsa Indonesia adalah karakter yang memperkuat dan memperkukuh komitmen terhadap NKRI atau Istilah nya, NKRI HARGA MATI,” tegas Syafruddin.

Tidak bisa dipungkiri, Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Keberagaman ini harus dipandang sebagai kekayaan khasanah sosio-kultural, bersifat kodrati dan alamiah yang di anugerahkan oleh tuhan kepada kita.(FD/ADMIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *