Sosbang Di Kampung Pancasila, Yusuf Mustafa Edukasi Masyarakat Terkait Pentingnya Karakter Kebangsaan dan Keindonesiaan

Kaltimreport.comBalikpapan, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Fraksi Golkar laksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan(Sosbang) dengan Tema ”Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara, UUD NKRI Sebagai Konstitusi Negara” di Projakal RT. 62 gang. Blambangan (Kampung Pancasila) Kelurahan graha indah Balikpapan Utara Kota Balikpapan. Sabtu (18/5/04).

Dalam Sosialisasi tersebut hadir oleh dua narasumber Ir. Nurdin Ismail dan Drs. Sutarno serta Sumanto S.E moderator kegiatan juga mengundang ketua RT yang ada di lingkungan Kampung pancasila kelurahan graha indah balikpapan Utara.

Mengawali materi Yusuf Mustafa menjelaskan, Bahwa. Wawasan kebangsaan adalah pemahaman mendalam mengenai identitas, sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang melekat dalam suatu bangsa. Hal ini melibatkan kesadaran akan persatuan, keragaman, dan tanggung jawab terhadap pembangunan negara.

“Empat konsensus kebangsaan adalah cermin dari identitas bangsa. Melalui pemahaman yang mendalam tentang empat konsensus kebangsaan tersebut, kita dapat mengenali akar-akar perjuangan dan pencapaian yang telah membentuk kita menjadi apa yang kita adalah saat ini,” jelasnya.

Anggota DPRD Kaltim Fraksi Golkar itu melanjutkan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka tunggal Ika merupakan dasar yang lengkap, dimana didalamnya terkandung tuntunan untuk masyarakat Indonesia tentang beragama, berbangsa dan bernegara serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

“Sebagai Masyarakat Indonesia yang baik, kita harus menjunjung tinggi nilai nilai persatuan, nilai nilai kebangsaan dan nilai – nilai toleransi antar umat beragama, serta karakteristik yang terkandung dalam pancasila harus mampu mengimplementasikannya didalam kehidupan kita sehari hari,” lanjutnya.

Sementara Narasumber memaparkan UUD 1945 telah mengatur dan memberikan tuntunan bagi kita dalam menjalankan aktifitas berbangsa dan bernegara, maka dari itu sebagai warga Indonesia yang baik, kita wajib mematuhi segala bentuk peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi terciptanya kondusifitas untuk tercapainya nya Persatuan dan Kesatuan NKRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *