Sosbang di Giri Agung, Selamat Ari Wibowo Rekatkan Masyarakat Dengan Empat Konsensus Kebangsaan.

Kaltimrport.comKukar, Untuk menghadirkan rasa harmoni di tengah masyarakat, Anggota DPRD Kaltim, Selamat Ari Wibowo, S.Pd menggelar sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Soswasbang)

Sosialisasi wawasan kebangsaan di laksanakan di Dusun Argosari RT. 007 Desa Giri Agung Kecamatan sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Sabtu (18/5/24).

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan dua orang Narasumber yaitu, Ikhsanur Fajri, SH dan Ahmad Ali Fahrudi, SH. serta Alauddin sebagai moderator. kegiatan juga mengundang tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan beberapa Ketua RT yang ada di Desa Giri Agung, kukar.

Selamat Ari wibowo menjelaskan, Wawasan Kebangsaan ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, terutama 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika

Kita harus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai dasar yg menjadi filosofi negara kita, agar kesadaran kita bermasyarakat dan bernegara tumbuh dalam karakter kehidupan sehari-hari.

“Jadi sosialisasi empat pilar kebangsaan ini untuk menumbuhkan kembali kesadaran dan semangat masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber Ali Fahrudi menjelaskan, wawasan kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika. Empat konsensus tersebut merupakan satu kesatuan yg tidak terpisahkan, pondasi kita bernegara, pandangan hidup dan perekat kehidupan di tengah masyarakat yg universal.

“Tujuan dari sosialisasi wawasan kebangsaan ini sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan bermasyarakat yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah,” bebernya.

“Perbedaan suku, ras, agama dan golongan harus di pandang sebagai anugerah yang selalu menghiasi kehidupan kita bermasyarakat,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *