Selamat Beri Penguatan Karakter Ke-indonesiaan Lewat Soswasbang

Penyampaian Materi Sosialisasi Wawasan Kebangsaan oleh anggota DPRD Kaltim, Selamat Ari Wibowo, S.Pd

KALTIMREPORT.COM-KUKAR, Untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang utuh, karakteristik keindonesiaan dan tidak terpecah belah serta tetap terawat dalam bingkai persatuan dan kesatuan, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur Daerah Pemilihan (Dapil IV-KUKAR), Selamat Ari Wibowo, S.Pd Melaksanakan serta mengelar sosialisasi wawasan kebangsaan.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan kali ini dilaksanakan di Desa Buana Jaya RT. 010 Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (25/11/2023).

Pada acara tersebut hadir beberapa tokoh masyarakat, perangkat desa, perwakilan BPD, tokoh agama, perwakilan, pemuda dan perwakilan RT setempat.

Pada Pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan, Selamat mengawali dengan menyampaikan kepada peserta yang hadir bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang substansial dengan tugas pokok kedewanan agar masyarakat tahu tentang konsep dalam bernegara.

Dimana empat pilar kebangsaan merupakan tiang-tiang penyangga dalam bernegara, ada Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, pandangan hidup bernegara. UUD 1945 sebagai dasar hukum dan konstitusi negara, NKRI sebagai karakter negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai visi misi negara.

‘Empat pilar kebangsaan tersebut mempunyai nilai filosofis yang fundamental tersirat yang di gambarkan dalam bentuk karekter bangsa dan perilaku kita,” kata Selamat.

Dasar dan bentuk negara ini kukuh karena digali dan dirumuskan dari nilai kehidupan rakyat Indonesia yang merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa, Karena disepakati secara nasional.

Konstitusi dan visi misi negara merupakan perjanjian luhur yang harus dijadikan pedoman bagi bangsa, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia.

“Kita semua sepakat, bahwa Bhinneka Tunggal Ika adalah pemersatu keberagaman, pengerat tali persaudaraan dan konsep hidup bertoleransi,” ungkap Selamat.

Pemilihan nilai-nilai empat pilar kebangsaan adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara terus dijalankan. Dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan, serta bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera.(FD/ADMIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *